Saturday, November 28, 2009

an old note

Yesterday, I found this note I wrote when I went to Mecca for Umrah in 2004. It's so nice reading it again. I hope you could find this awesome too :) enjoy!

riwayat kebab, pringles, dan siti rohmah

Seperti yang pernah gue cerita disini, bulan Sept kemarin, gue dan bonyok pergi umroh ke tanah suci. Awalnya sih bimbang dan ragu karena takut banget berhubung deket tanggalnya sama 9/11. Tapi terus nyokap yakinin gue untuk pasrah aja sama yang di atas, toh niat kita murni untuk ibadah. Akhirnya kami brangkat deh..

Kami brangkat ikut travel dari Sahid Jaya Hotel, kbtulan ada sekitar 7 orang, digabung dengan MC Travel 2 orang dan 3 orang lagi dari Pro In. Totalnya ada 12 orang di rombongan kecil. Sebenernya itu sedikit, krn rombongan lain bisa sampe puluhan. Tapi untung juga sedikit gitu, kita jadi lebih akrab satu sama lain.

Perjalanan udara ke Jeddah memakan waktu sekitar 8 jam. Kami naik Saudi Airlines. Agak takut juga krn itu perjalanan jauh pertama kali gue naik pesawat. Pegel2 juga siy, dan sempet ada turbulance juga. Tapi alhamdulillah, sampe juga di Saudi jam 6 sore waktu sana (beda waktu -4 jam). Sempet takut juga liat Arab2 yang tinggi gede brewokan, hihi. Udh gitu gue ga ngerti pula bahasanya, hihihi. Dari Jeddah, kami lanjut perjalanan ke Madinah naik bis yang disewa bareng travel dari Bandung. Perjalanan ke Madinah 3 jam, dan di bis langsung terlelap semua. Maklum, udh jamnya bobo di Indo. Gue sempet liat2 ke jalan, lampu jalannya terang banget disana. Emang dasarnya negara kaya siy, penghasil minyak bumi pula. Bis sempet brenti di suatu rumah makan buat kita yang mo isi perut atau mo pipis. Gue sih turun buat pipis bareng nyokap, dan beli teh panas plus pringles! Huehehe...ga jauh2 deh makanannya. Kebetulan pas malem rada dingin juga.

Sampe di Madinah sekitar jam 3 pagi, merinding banget pas masuk kota suci itu. Gue gak lupa berdoa terus bareng jamaah yang lainnya dari bis. Dari jauh udh keliatan menara mesjid Nabawi yang cantk banget. Dan akhirnya sampe juga di hotel Elaf Taiba di deket Nabawi. Kami langsung cek in dan bersih2 di kamar, siap2 buat sholat subuh. Selesai mandi, langsung deh ke mesjid Nabawi buat sholat. Rasanya gak percaya waktu liat mesjid itu dari deket. Merinding gitulokh! :P Sumpah, cantiiiiik banget! Dalamnya luas banget, dan di sisi kiri kanan jalannya tersedia ratusan jirigen berisi air zam zam siap minum yang disediakan buat jamaah. Ada yang dingin dan gak dingin. Wahh...lega banget waktu minum itu. Berhubung waktu sholat masih agak lama, gue dan nyokap duduk2 sambil nyender di tiang yang ber-ac buat doa2 dan baca Qur'an. Arsitekturnya cantik banget, gue gak bosen2 liatnya. Selesai sholat, kami pun pulang ke hotel buat sarapan.

Sekitar jam 7, rombongan gue udh siap2 mau ziarah ke makam Rasulullah dan para sahabatnya, dan ke Raudah. Raudah itu sebidang kecil di mesjid Nabawi yang dulunya asal mula mesjid. Ada mimbar Rasulullah, dan disebelahnya itu makam beliau. Menurut Qur'an, Raudah itu sepotong kecil taman Surga. Nanti suatu saat nanti, Allah akan mengangkat Raudah itu dan kita yang udh pernah kesana bisa liat di Surga. Subhanallah. Emang cantik banget. Dan gak pernah kosong! Gile deee....tempat sekecil itu, isinya orang smuah! Desek2an buat sholat atau sekedar berdoa disana. Emang katanya doa kita bakal dikabulkan klo berdoa disana. Sebelnya, blom selesai berdoa udh diusir2 sama askar disana yang galak2. "Siti Rohmah! Siti Rohmah!" kata mereka sambil mengusir2 kita dengan tangannya. Maksudnya sih nyuruh gantian sama jamaah yg lain. Tapi tetep aja gak pandang bulu. Mana gue ma nyokap kan mungil pisan. Untung sempet juga sholat dan doa disana, hihi. Selanjutnya hari itu kita pergi ziarah lagi ke beberapa tempat bersejarah naik bis tercinta.

to be continued

No comments: